Passport & VISA

Untuk suatau keperluan perjalanan keluar negeri beberpa waktu yang lalu saya mengurus passport, sebelumnya saya tidak pernah memiliki passport, (maklum orang desa he he..) dari pengalaman saya mengurus passport baru (bukan perpanjangan), sedikit saya ingin berbagi pengalaman, untuk pengurusan pasport baru berkas yang perlu dipersiapkan KTP Asli dan Fotokopi, Akte Kelahiran asli dan fotokopi, kartu keluarga dan Fotokopi, bisa juga dengan Ijazah Asli dan Fotokopi. kemudian saya datang ke kantor Imigrasi terdekat disana saya harus mengisi formulir yang dibeli dengan harga Rp. 20.000 dan selembar materai, ada beberapa lembar formulir yang harus diisi tentang data pribadi, kemudian membayar Rp 70.000 untuk foto dan scan sidik jari, kemudian saya harus menunggu 6 hari, sampai passport diterbitkan. sumber bacaan, setelah saya datang enam hari kemudian saya harus menandatangani passport tersebut dan membayar uang pembuatan passport sebesar 270 ribu..jadi kurang lebih biaya keseluruhan saya membuat passport ya…sekitar 350 ribu, (tidak dengan CAlO). ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karna saya mendapat masalah dan hambatan dalam pembuatan passport

pertama….nama di Kartu keluarga dan KTP saya ada kesalahan pebulisan satu huruf dan pihak kantor imigrasi minta diperbaiki atau minta surat keterangan dari kantor penerbit kartu keluarga…intinya data data di kartu KTP, Kartu keluarga , ijazah ataupun akte kelahiran semuanya harus sama… klo tidak terhambat proses pembuatan passport

keduaaa. untuk pekerja kantoran instansi pemerintahan atau swasta berbadan hukum, harus membawa surat keterangan dari atasan atau pimpinan di instansi tersebut…alasan dari pihak imigrasi untuk mewaspadai pekerja atau pegawai yang melakukan tindak kejahatan atau korupsi untuk melarikan diri keluar negeri…. nah saya pada saat ini sempat dicurigai… sekedar berbagi pengalaman buatlah surat keterangan tersebut sebelum membuat…tapi untuk wiraswasta tidak perlu…semoga bermanfaat

bacaan mengenai ini ada dari sini

Paspor

adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas sipemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. baca dari sumber iniVisa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang ijin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu.

VISA

Kebanyakan negara membutuhkan kepemilikan visa asli untuk dapat masuk bagi warga negara asing, meskipun ada skema lain. Visa biasanya distempel atau ditempel di paspor penerima. sumber Dari Wikipedia indonesia dan ini

One thought on “Passport & VISA

  1. Wah habis jalan-jalan kemana….Mau Kuliah di luar negeri or mau ngadu nasib di negeri orang he he he ???? Btw kamu jadi mo S2 di UGM???? kalo mo ambil S2 Kimia FMIPA yang mandiri alias ga pake beasiswa BPPS masih agak lama kira-kira bualn Juni sampe Juli, sedangkan yang mo pake BPPS terakhir 30 April 2008….

Tinggalkan Balasan

